Tips Decluttering Barang Tipis-Tipis

Beberapa waktu lalu ketika sedang online, muncul di layar ponselku tokoh muslim yang sekilas membahas tentang decluttering. Katanya sih decluttering bagian dari gaya hidup minimalis yang relate dengan Islam. Karena penasaran, langsung saja aku searching lebih jauh sebenarnya apa sih decluttering itu? Apa benar relate dengan Islam?

Menurut berbagai sumber, decluttering adalah proses mengurangi masalah dengan mengurangi sesuatu hal yang tidak menyenangkan atau dapat mengganggu. Ia bisa terjadi dari koleksi barang, bahkan bisa juga dari pikiran kita yang mengganggu.

Namun, dalam tulisan ini aku akan membahas tips decluttering barang terlebih dahulu.

Tips Decluttering Barang

Simpelnya, decluttering barang adalah memilah barang yang tidak diperlukan untuk akhirnya didonasikan, dijual, atau jika memang sudah tidak cocok untuk keduanya, dengan terpaksa dibuang. Tentunya dengan tujuan kebaikan.

Cara atau teknis melakukan decluttering barang sudah dapat dengan mudah kita lihat di internet. Jadi aku coba menulis tips dari sisi lain yang mungkin kalian juga kepikiran hal yang sama. Langsung saja aku bagi jadi tiga poin.

Tentukan alasan memiliki barang!

Memilah barang memang sulit, apalagi barang yang menyangkut kenangan atau barang tersebut pernah sangat kita sukai pada masanya. Sebelum itu terjadi terlalu sering dan akan makin sulit melepaskannya, mungkin kita bisa mengatur pembelian kita.

Temukan sekiranya lima alasan kenapa kamu membeli suatu barang. Kalau pembelian sudah terkendali, otomatis kita akan lebih mudah memilah barang di kemudian hari.

Manfaatkan barang tersebut dengan baik.

Sesuatu yang kita miliki akan dihisab, sebagaimana hadis Rasulullah saw, “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya ke mana dihabiskannya. Tentang ilmunya, bagaimana dia mengamalkannya. Tentang hartanya, dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.” (HR. Tirmidzi).

Manfaatkan barang yang sudah kita punya dengan baik & jangan lupa bersyukur.

Saat decluttering, ikhlaskan barang kalian~

Satu poin paling penting dalam decluttering, relakan! Mungkin bisa sambil lihat kanan kiri sekitar kita, barangkali ada yang lebih memerlukan tapi kita ga peka. Hikmahnya, barang yang menurut kita biasa aja bahkan ga pernah terpakai mungkin jadi ‘barang emas’ di mata mereka yang membutuhkan.

Memberi masukan pastinya lebih mudah dari menjalankan, tapi perlahan semoga kita bisa. Tidak usah terlalu muluk-muluk, perlahan yang penting istiqomah. Semangat! 😉

Editor : Nadia Fitri Salamah/Shidqi Mukhtasor

Avatar

Rafanisa Adien Oematan

Mahasiswi Qur'an and Sunnah di IIUM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *