Tentang Fotar IIUM

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah Subhanahu Wata’ala yang menganugerahkan segala noktahan nikmat iman dalam ruh, nikmat ilmu dalam akal, dan segala nikmat dalam jasad. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah pada tokoh nomor wahid kita, Rasulullah saw. beserta keluarga, shahabah dan seluruh ummatnya hingga akhir zaman.

Mengenang kembali jejak-jejak dakwah, kita tidak akan pernah dapat melepaskan peran penting mereka; para mahasiswa, dosen, da’i, pembina yang bersatu padu bersama berjuang mensyiarkan Islam di seantero kelas-kelas kampus, seminar demi seminar, kajian bahkan terjun ke ruang dakwah di kilang hingga masyarakat.

Mereka-mereka itulah yang kemudian kita sebut sebagai sang inisiator terbentuknya kampus rabbani hasil dari binaan kepribadian yang mantap di negeri asal mereka Indonesia dan kemudian dibawa risalah tersebut kemana pun mereka berlabuh termasuk di ladang dakwah baharu di kampus-kampus Malaysia.

Mereka yang berbekal semangat dan idealisme menjadi motor yang seolah tidak pernah kehabisan energinya. Bahkan, keterbatasan yang mereka miliki seolah tidak pernah menjadi penghalang bagi gerak kebaikan mereka. Tanpa ruang, alam terbuka menjadi tempat yang begitu nyaman. Minus dana bukan menjadi alasan untuk tidak berbuat.

Sejarah itu bermula dari diskusi-diskusi sederhana, kecil, singkat, dan dengan segala keterbatasannya hingga tanpa terasa langkah-langkah mengikhtiarkan kontribusi mulai dirintis. Dalam kebersamaan itu, para pejuang dakwah itu senatiasa membawa cita-cita yang tidak banyak orang mencita-citakannya.

Maka sejarah pun mencatat hadirnya satu langkah niat yang mulia dengan menoktahkan sebuah organisasi dakwah yang bernama Forum Tarbiyah (Fotar). Forum Tarbiyah sebagai organisasi dakwah kampus yang dipelopori oleh mahasiswa mahasiswi Indonesia yang bermastautin dan belajar di International Islamic University Malaysia (IIUM).

Ia berasaskan dari nama FUSI (Forum Ukhuwah Studi Islam, 2007) dan mengubah nama menjadi Forum Tarbiyah (Fotar) pada tahun 2010.

Landasan Pemikiran dan Cita-cita

“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya.”

[Qs: Az-Zalzalah:7-8]

”Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”

[As Shaff: 4]

“Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang-orang yang menyeru (berdakwah) kepada Allah , mengerjakan amal shalih dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

[Fushilat: 33]

Falsafah Logo Forum Tarbiyah

Warna hijau yang mendominasi sebagai simbol dari warna Islam dan garis-garis diartikan sebagai bekerja berjama’ah dan berkesinambungan.

Kerangka Logo IIUM yang menandakan Forum Tarbiyah bermastautin di IIUM.

Gambar buku diartikan ForumTarbiyah selalu mengajarkan keseimbangan fikriyyah (akal), ruhiyyah (hati) dan jasadiyyah (fisik).