Salat Subuh Memiliki Daya Tarik Tersendiri Di Sisi Allah, Apa Itu?

Salat subuh merupakan salah satu salat wajib dari salat lima waktu yang dilaksanakan mulai fajar hingga matahari terbit. Banyak sekali hadis yang membahas tentang keutamaan melaksanakan salat subuh. Salat subuh memiliki daya tarik tersendiri disisi Allah Swt. Ia menjanjikan pahala yang luar biasa bagi orang yang melaksanakannya dan salat subuh mendapatkan kedudukan istimewa dalam syariat dibandingkan salat lainnya.

Rasulullah saw mengetahui bahwa waktu salat subuh adalah waktu yang paling sulit, banyak orang yang sering meninggalkan salat subuh, mereka memilih untuk meninggalkan salat subuh dan melanjutkan tidurnya sampai matahari terbit. Padahal salat subuh merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setiap umat muslim. 

Dikatakan dalam suatu hadis, 

“Orang yang meninggalkan salat dan meremeh-remehkan salat entah itu disengaja maupun tidak, maka sungguh ia telah kafir secara tegas” (HR. Imam At-Thabrani). 

Keutamaan Salat Subuh 

Salat subuh memiliki banyak keutamaan, diantaranya, pahalanya sama seperti salat satu malam penuh, sebagai sumber cahaya di hari kiamat, orang yang melaksanakannya akan mendapat rahmat Allah Swt. Lalu, dijanjikan surga oleh Allah Swt, berada dibawah lindungan Allah, dilapangkan rezekinya, dan sebagai tolak ukur keimanan. 

Keutamaan lainnya adalah Allah akan memberikan pahala melebihi keindahan dunia dan seisinya, sebagaimana telah disebutkan dalam satu riwayat Imam Muslim,

“Dari aisyah r.a. telah bersabda Rasulullah saw, dua rakaat (sebelum) salat fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.”

Kemudian, Allah telah memberikan jaminan terhadap orang-orang yang melaksanakan salat subuh, seperti yang dikatakan dalam hadis Rasulullah saw berikut,

“Siapa yang menunaikan salat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari salat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka” (HR. Muslim). 

Tidak hanya itu, ternyata salat subuh akan lebih baik jika dilakukan dengan cara berjamaah, karena pahala bagi yang mengerjakannya akan dilipatgandakan. Salat subuh disaksikan oleh para malaikat dan dari segi kesehatan terbukti bahwa salat subuh berguna untuk mencegah berbagai penyakit. 

Banyak sekali keutamaan yang didapat di waktu subuh. Terakhir, Rasulullah mendoakan umatnya yang bergegas dalam melaksanakan salat subuh, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut, 

“Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Cara Untuk Meraih Keutamaan Salat Subuh

Cara untuk meraih keutamaan salat subuh dimulai dengan bangun sebelum subuh. Terkadang sulit sekali untuk segera bangun karena rasa nyaman di bawah selimut mengalahkan segalanya dan banyak orang yang memilih melanjutkan tidurnya. Itulah kekuatan bisikan setan. 

Ada beberapa cara agar kita bisa menangani hal tersebut, seperti:

  • Mengingat Allah saat mendengar alarm dan segera bangun sambil membaca do’a,

“alhamdu lil-laahil-ladzii ahyaanaa ba’da maa aamaatanaa wa ilaihin nusyuur”, yang artinya, “segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikannya dan kepada-Nya kami Kembali.”

  • Segera berwudu. Wudu adalah hal yang dahsyat karena pusat saraf sangat sensitif terhadap air. Selain itu, wudu dapat membuat kita menjadi segar karena membasuh sebagian anggota badan. 
  • Melakukan salat sunah sebelum subuh. Hal ini sangat dianjurkan ketika azan berkumandang sebelum salat subuh. Salat sunah sebelum subuh memiliki keutamaan yang sangat besar dibandingkan dunia dan seisinya. 

Itulah keutamaan yang didapatkan dari salat subuh, Rasulullah saw bersabda: 

“Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini, atau kalian tidak akan kesusahan untuk melihat-Nya. Apabila kalian mampu untuk tidak meninggalkan salat sebelum terbit matahari dan salat sebelum terbenam matahari, maka lakukanlah” (HR Bukhari).

Artikel ini adalah hasil sunting ulang dari artikel yang telah terunggah sebelumnya di ibtimes.id pada 23 Desember 2020 dengan judul “Apa Saja Keutamaan Shalat Subuh?”

Editor: Musfirah

Syiar Fotar

Syiar Fotar

Syiarfotar - Berdakwah untuk Menciptakan Masyarakat yang Madani. Sebuah media daring Fotar IIUM untuk menyebarluaskan konten dakwah yang meneguhkan iman dan mencerahkan peradaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *