Hakikat Dakwah dan Kedalaman Maknanya

Dakwah secara bahasa diambil dari kata daa’- yadwu’-dakwah. Kata dakwah dalam Mu’jam Maqayis Al-lugoh terdiri dari huruf dal – ain – dan huruf mu’tal yang berarti memanggil sesuatu dengan bersuara atau berkata. Hakikat dakwah juga bisa diartikan sebagai panggilan untuk manusia untuk menyampaikan informasi tertentu. Sedangkan secara istilah dakwah berarti perbuatan untuk menyebarkan risalah Islam yang penting kepada manusia.

Dakwah juga bisa dilakukan kepada sesama Muslim yaitu dengan mengingatkan kepada kebaikan dan melarang kepada keburukan, di mana dalam Q.S Ali-Imron: 110 disebutkan bahwasanya ajaran Al-Qur’an selalu memanggil kita kepada kebaikan.

Pandangan Ulama Mengenai Dakwah

Ulama berbeda pandangan mengenai definisi dakwah. Menurut Syekh Yusuf Qordhowi dalam Atsaqofat Adda’iyah dakwah artinya perbuatan memindahkan seseorang kepada agama Islam sampai ia mematuhi perintah Allah Swt., mematuhi hukum-hukum-Nya, suci dari taghut, melaksanakan hak Allah, dan segala perbuatan yang mengajak untuk mempercayai Tuhan yang satu yaitu Allah.

Sedangkan menurut Ru’uf Syalaby dalam Adawah Al-Islamiyah fii Ahdi Almaki – Manaahijuhu wa Goyatiha, dakwah tidak terestriksi kepada pengajaran tentang Al-Quran dan pembinaan akhlak, namun juga upaya untuk membimbing manusia kepada ketaatan pada Allah.

Secara prinsip, hakikat dakwah adalah perjuangan untuk mengajak manusia kepada ajaran Islam yang benar dan jelas serta yakin kepada nilai-nilai yang diajarkannya. Secara khusus Al-Qur’an dalam QS Al-Baqoroh: 257 mengatur usaha dakwah sebagai upaya mengajak menusia untuk keluar dari kegelapan menuju cahaya yang menerangi akal dan hati manusia.

Hakikat Keutamaan Dakwah

Al-Quran dan Hadis banyak menjelaskan tentang keutamaan dakwah. Pada QS Ali-Imron: 104 disebutkan bahwasanya dakwah merupakan upaya untuk melarang kepada keburukan dan mengajak kepada kebaikan. Selain itu, dakwah mampu mengatasi segala masalah yang berkembang di sekitar kita, yaitu pendirian teguh melawan kejahatan. Salah satunya bergerak hatinya untuk menumpaskan kemungkaran saat ia melihatnya. Adapun sekecil-kecilnya iman ialah saat seseorang melihat kemungkaran, ia mengingkari dalam hatinya.

Dakwah merupakan perbuatan yang penting bagi setiap muslim. Tidak akan pernah tersampaikan hakikat ajaran Islam kepada manusia jika tidak ada yang melakukan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu perlu sekali upaya untuk berdakwah meskipun hanya satu ayat.
Adapun tujuan dakwah menurut ulama bisa dibagi menjadi dua:

1) Untuk membebaskan negara-negara Muslim dari kolonialisasi serta menegakan nilai Islam dalam sebuah negara.

2) Permasalahan Tauhid yang terjadi di Mesir.
Untuk memahami dakwah dengan baik perlu kita melihat cara Rasulullah saw. mengajak orang lain kepada Islam. Untuk itu umat Muslim sangat perlu mengetahui sejarah beliau.

Editor: Alfiyah RA

Syiar Fotar

Syiar Fotar

Syiarfotar - Berdakwah untuk Menciptakan Masyarakat yang Madani. Sebuah media daring Fotar IIUM untuk menyebarluaskan konten dakwah yang meneguhkan iman dan mencerahkan peradaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *