Allah Menyayangi Hamba-Nya yang Kejambretan

Pernah enggak kamu merasakan balasan langsung dari Allah atas kebaikanmu? Mungkin ketika kamu bersedekah, Allah membalas kebaikan secara langsung bahkan dengan kebaikan yang berlipat ganda. Ada kisah sedikit yang ingin saya share dan menjadi salah satu momen yang saya selalu ingat untuk menguatkan keyakinan bahwa bantuan Allah itu selalu ada dan tidak terduga.

Pada waktu itu, pertama kalinya saya berpergian sendiri ke rumah teman di daerah blok M. Ketika saya ingin pulang saya pun bingung kendaraan apa yang harus saya naiki? Setelah itu saya segera telpon orang tua untuk mendapatkan jawaban. Qadarullah, saat sampai di Kopaja yang sangat kosong. Saya dijambret oleh tiga orang dewasa dan saya pun tidak bisa melakukan apa-apa, apalagi saat itu saya masih berumur 12 tahun. Alhasil, handphone ayah saya dan uang pribadi saya hilang dirampas mereka.

Beberapa hari kemudian, Allah sungguh membantu hamba-Nya dengan cara yang sangat tidak terduga. Tentu saja, jumlah uang bukan menjadi patokan dan tujuan kita dalam berbuat kebaikan dengan ikhlas. Saat itu saya ingat di hari Jum’at beberapa hari setelah kejadian, kotak infaq Masjid berada di hadapan saya, saat itu saya sempat ragu dikarenakan saya hanya memiliki uang dengan nominal yang besar.

Namun, saat itu saya memberanikan diri dan ikhlas untuk berinfaq dengan keyakinan bahwa Allah akan membalas dengan yang lebih baik. Kembalinya dari sholat Jum’at, dan ingin mencium tangan nenek saya. Tanpa diduga nenek saya memberikan uang yang beliau sebut sebagai ‘uang jajan’ namun saya terkejut karena jumlah uang yang diberikan sangatlah besar dan jika diestimasi bahkan melebihi uang saya yang dijambret.

Dari kejadian ini saya bermuhasabah, bahwasanya Allah tidak akan meninggalkan hamba-Nya. Bantuan Allah pasti akan datang terhadap hamba-Nya yang yakin. Dalam surat Al-Baqarah: 261, Allah akan melipat gandakan suatu ganjaran bagi siapa yang ia kehendaki. Dan tentunya, sesuai dengan keadaan hati yang beriman dan penuh dengan keikhlasan yang sempurna.

Editor: Abdurrahman Salim / Shidqi Mukhtasor

Avatar

Muhammad Yaqzhan

Ketua Umum Forum Tarbiyah IIUM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *